Selasa, 26 April 2011

ANALISIS KENAKALAN REMAJA

Pada dasarnya kenakalan remaja menunjuk pada suatu bentuk perilaku remaja yang tidak sesuai dengan norma-norma yang hidup di dalam masyarakatnya. Kartini Kartono (1988 : 93) mengatakan remaja yang nakal itu disebut pula sebagai anak cacat sosial. Mereka menderita cacat mental disebabkan oleh pengaruh sosial yang ada ditengah masyarakat, sehingga perilaku mereka dinilai oleh masyarakat sebagai suatu kelainan dan disebut “kenakalan”. Dalam Bakolak inpres no: 6 / 1977 buku pedoman 8, dikatakan bahwa kenakalan remaja adalah kelainan tingkah laku / tindakan remaja yang bersifat anti sosial, melanggar norma sosial, agama serta ketentuan hukum yang berlaku dalam masyarakat.
Secara fenomenologis, gejala kenakalan nampak dalam usia pubertas, karena jiwanya masih dalam keadaan labil sehingga mudah terpengaruh oleh lingkungan pergaulan yang negatif. Adapun penyebab kenalan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Lingkungan keluarga yang tidak harmonis (broken home)
2. Situasi yang menjemuan dan membosankan
3. Lingkungan masyarakat yang tidak menentu bagi prospek kehidupan masa mendatang seperti lingkungan kumuh dan penuh kejahatan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar